Cara Alami Menyembuhkan Wasir Berdarah

Cara Alami Menyembuhkan Wasir Berdarah - Wasir merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat umum. Wasir terjadi karena ada pembengkakan pada pembuluh darah dan peradangan yang terjadi pada area rektum dan sekitar anus. Rektum berada di bagian akhir usus besar dan menuju ke bagian anus. Kondisi perkembangan anus yang memerlukan perawatan intensif biasanya jika pendarahan terjadi secara terus menerus dan menyebabkan prolap. Prolap adalah sebuah kondisi khusus ketika wasir keluar dari anus dan tidak bisa masuk kembali ke saluran.
Jenis dan Karakter Wasir
Meskipun banyak orang mengenal penyakit wasir hanya terjadi di luar anus, maka sebenarnya ada jenis wasir lain. Berikut ini adalah karakter dua jenis wasir yang dikenal dalam dunia medis :

Gejala wasir

1. Wasir Luar - Wasir luar adalah jenis wasir yang terjadi pada bagian ujung lubang anus. Kondisi wasir ini bisa disertai dengan rasa gatal yang terus menerus dan pembengkakan. Wasir luar biasanya juga memiliki rasa sakit yang lebih parah dibandingkan jenis wasir dalam.

2. Wasir Dalam - Wasir dalam adalah wasir yang terjadi pada bagian rektum atau saluran paling ujung dari usus besar menuju anus. Wasir dalam biasanya tidak disertai rasa sakit pada awal gejala. Jenis wasir dalam juga tidak menyebabkan rasa sakit yang lebih parah dan biasanya beberapa penderita tidak mengetahui jika menderita wasir dalam. Tapi tanpa perawatan yang tepat maka wasir dalam bisa menyebabkan prolap dan pendarahan parah.

Banyak orang menderita wasir dan merasa tidak pernah merasakan gejala. Bahkan pertanda awal wasir sering diremehkan karena dianggap hanya keluhan biasa dan bisa sembuh sendiri. Untuk mengurangi bahaya wasir, maka kenali beberapa gejala awal penyakit wasir.

1. Pendarahan
Pendarahan yang terjadi pada gejala awal wasir memang biasanya tidak disertai dengan rasa sakit. Bahkan banyak orang yang tidak sadar mengalami pendarahan karena merasa proses buang air besar yang wajar dan tidak terasa sakit. Pendarahan terjadi karena ada infeksi yang terjadi pada pembuluh darah dibagian anus.

2. Anus Terasa Gatal
Rasa gatal disebabkan karena kulit di sekitar bagian anus menjadi iritasi karena peradangan pada daerah di sekitar anus. Rasa gatal akan semakin parah jika kebersihan di sekitar anus tidak diperhatikan. Untuk mengatasi hal ini maka membersihkan daerah anus dengan air hangat sangat disarankan.

3. Nyeri Saat Buang Air Besar
Rasa nyeri dan sakit saat buang air besar biasanya terjadi untuk jenis wasir luar. Rasa sakit biasanya terjadi karena ada peradangan dan infeksi yang terjadi pada daerah sekitar dubur. Jika rasa nyeri muncul lebih sering maka harus mendapatkan perawatan. Baca Juga : Obat Wasir

4. Benjolan pada Dubur
Benjolan pada bagian dubur menjadi indikasi bahwa wasir menjadi lebih serius. Wasir mungkin sudah keluar dari posisi dan menyebabkan prolap atau terjepit pada bagian anus. Beberapa wasir bisa kembali seperti semula dan sembuh sendiri, sementara ada beberapa orang yang tidak sembuh dan harus dioperasi.
Cara Alami Menyembuhkan Wasir Berdarah
Makan sayur mayur hijau
Cara yang ke dua bisa di lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang di sebut dengan sayur. Merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib di penuhi. Sayur merupakan makanan yang kaya akan serat. Misalnya bayam, kangkung, sawi, dan lain sebagainya. Manfaat sayur juga sangat banyak

Makan buah yang kaya serat
Kemudian, untuk memperlancar buang air besar anda perlu juga makan buah.  Selain kandungannya yang kaya akan vitamin, buah akan sangat membantu dalam proses pencernaan anda. Apalagi buah ini sifatnya adalah manis. Sehingga anda tidak ragu untuk mengkonsumsinya. Beberapa buah yang di sarankan antara lain adalah apukat, jambu, dan mangga. Masih ada beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi dan makanan kaya serat alami. Baca Juga : Obat Wasir Berdarah

Ramuan menggunakan pulosari
Pulosari merupakan salah satu tanaman apotik keluarga yang mudah anda dapatkan. Khasiatnya bisa membantu melancarkan pencernaan anda. Sehingga bisa mempermudah buang air besar. Sebelum membuat, perlu di siapkan beberapa bahan. Misalnya adalah kulit batang pulosari, 3 lembar daun jambu biji, air untuk merebus sebanyak 2 gelas, dan juga adas.  Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Di Apotik

Cara membuatnya yakni dengan cara mencuci bersih semua ramuan yang di persiapkan tadi. Kemudian merebus sampai airnya mendidih. Bahkan sampai air yang ada dalam manci hanya satu gelas saja. Kemudian angkat panci, dan saring kuahnya. Konsumsi setiap hari satu gelas.

Ramuan dengan lidah buaya dan madu
Cara selanjutnya yang bisa di gunakan adalah dengan menggunakan lidah buaya. Yakni dengan cara menggunakan daun lidah buaya setengah batang. Kemudian siapkan juga madu satu sendok, serta air setengah gelas. Banyak manfaat madu untuk penderita batu ginjal. Ada banyak ciri-ciri madu asli yang harus diketahui. Baca Juga: Jual Obat Wasir Berdarah Ampuh 

Cara membuatnya yakni dengan mengupas daun lidah buaya. Kemudian di cuci sampai bersih dan di potong kotak – kotak. Lalu di seduh dengan menggunakan air panas. Untuk mempernikmat rasa, tambahkan madu secukupnya. Aduk sampai rata dan konsumsi secara teratur. Dosis yang sesuai adalah 2 x sehari tiap pagi dan petang.

Rebusan air akar bunga matahari
Bunga mata hari yang cantik itu bisa anda gunakan pula sebagai bahan untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar. Caranya cukup mudah. Yakni dengan menyiapkan akar bunga matahari sebanyak 15 sampai dengan 30 gram. Kemudian air 2 gelas untuk merebusnya. Baca Juga:  Jual Obat Wasir Berdarah  


Berikut Adalah Artikel lain tentang manfaat Daun Ungu yang terbukti mampu meringankan Gejala Wasir

Daun Ungu termasuk tumbuhan perdu yang memiliki tiga jenis varietas yaitu daun berwarna ungu, hijau dan belang-belang putih. Varietas yang sering digunakan UNTUK wasir adalah yang berdaun ungu dengan nama latin Graptophyllum pictum yang memiliki sinonim nama Graptophyllum hortense Nees.

Tumbuhan ini memiliki nama daerah sebagai berikut : Pudin (Simalur, Sumatera), Daun ungu (Jawa Tengah), Handeleum (Sunda), Karaton (Madura), Temen (Bali), Kadi-kadi atau Kobi-kobi (Ternate), dan Dongo-dongo (Tidore).

Potensi Tanaman Daun Ungu
Daun ungu biasa digunakan sebagai tanaman hias, dan secara turun-temurun bagian daunnya telah digunakan untuk meringankan gejala wasir. Secara umum kandungan daun ungu antara lain alkaloid, pektin, asam formiat, glikosida, steroid, saponin, tanin.

Penggunaan Empiris
Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid).

Kurang mengkonsumsi serat dapat mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan. Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pemicu timbulnya wasir.

Zat aktif di dalam daun ungu yang dapat mengurangi bengkak adalah kandungan senyawa flavonoid yang diduga bekerja dengan mekanisme melalui efek penghambatan pembentukan prostaglandin pada jalur metabolisme asam arakhidonat.
Silahkan Konsultasikan Keluhan Anda